Minggu, 19 Mei 2024

Ramaikan Pemilu, Pasebung dan Kertangkes.id Rilis Film Pendek JARKONI

waktu baca 2 menit
Selasa, 13 Feb 2024 14:00 0 Red

REMBANG, rbg.my.id – Pasebung Rembang, bekerjasama dengan Kertangkes.id, mengumumkan peluncuran film pendek terbaru mereka yang berjudul JARKONI pada Selasa, 13 Februari 2024. Film ini menggambarkan situasi politik dan budaya yang sering terjadi di masyarakat menjelang pemilihan umum.

Penulis naskah sekaligus sutradara, Abe Sampoerna mengungkapkan film ini mencerminkan konflik antara idealisme dan realitas kehidupan, yang sering terjadi dalam masyarakat.

Jarkoni dalam bahasa Jawa, iso ujarr ora iso ngelakoni (bisa bicara , tidak bisa melakukan).  Film ini membenturkan idealisme dan realita kehidupan, ini yang sering muncul di masyarakat,” ungkap Abe

Kisahnya berkisar pada Ubay, yang sedang mengikuti seleksi tim sepak bola dan berpotensi lolos, namun kesempatannya terancam oleh tekanan dari salah satu orang tua murid yang menyuap pelatih tim. Meskipun pelatih menyarankan ayah Ubay, Pak Ndang, untuk melakukan hal serupa, Pak Ndang menolak dengan alasan ekonomi dan prinsip hidup. Namun, di akhir cerita, Ibu Ubay membawa pulang belanjaan yang banyak dan mengaku menggunakan uang dari almari Pak Ndang yang mana itu uang untuk serangan fajar para calon legislatif (caleg).

Abe berharap film ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat melalui sudut pandang satire, agar mereka lebih peka terhadap praktik money politics yang lazim terjadi, meskipun tindakan pencegahan telah dilakukan.

Semoga film ini dapat menjadi politik terutama kepada pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya, serta membantu mengurangi sikap resistensi pemilih secara keseluruhan,” tambahnya.

Andyka Galih Dwi Saputra, selaku produser, berharap kolaborasi ini dapat memperkaya ekosistem kreatif di Kabupaten Rembang, dengan melibatkan komunitas lokal dalam pembuatan film ini. (rd/red)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *