Minggu, 14 Apr 2024

Melukis Bersama, Sebuah Katarsis Atas Pemilu 2024

waktu baca 2 menit
Kamis, 15 Feb 2024 07:37 0 Red

REMBANG, rbg.my.id – Kegiatan melukis bersama di kebun gang depan Kantor Polres Rembang pada Rabu (14/2/2024) sore menunjukkan bahwa tidak semua orang terpaku pada hingar bingar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komunitas Pelukis Rembang memilih untuk menepi dari perhatian pada hasil Pemilu dan memilih berkumpul untuk berkarya bersama dengan penuh semangat.

Meskipun beberapa anggota komunitas yang sudah konfirmasi tidak dapat hadir, kegiatan ini tetap berlangsung dengan spontanitas yang menggembirakan.

Menurut Bambang “Remon”, tuan rumah acara tersebut, kegiatan melukis bersama ini adalah pilihan untuk tetap fokus pada kreativitas dan kebersamaan, bukan pada ketegangan Pemilu.

Sebenarnya ada beberapa lagi yang sudah konfirmasi mau ikut. Tapi saat kegiatan yang datang hanya itu. Karena kegiatan ini spontan saja dari teman-teman. Saat yang lain mungkin sibuk mikir Pemilu, kami memilih untuk berkarya bersama,” kata dia.

Hadi, salah satu anggota komunitas, menjelaskan bahwa kegiatan melukis bersama ini menjadi sarana untuk meredakan berbagai ketegangan dan peristiwa yang terjadi selama Pemilu 2024.

Bagi mereka, kegiatan ini adalah katarsis, sebuah proses pembebasan dari beban pikiran dan hati akibat peristiwa-peristiwa Pemilu.

Hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu tentu meninggalkan jejak peristiwa di pikiran dan hati warga Indonesia. Termasuk juga pelukis. Kegiatan melukis bersama ini menjadi katarsis, pelepas residu peristiwa itu,” jelas dia.

Meskipun memiliki aliran seni yang berbeda-beda, seperti naturalis, abstrak, surealis, dan abstrak, para pelukis tersebut tetap kompak dan saling mendukung.

Mereka menunjukkan bahwa dalam keberagaman aliran seni, persatuan dalam berkarya tetap menjadi prioritas utama.

”Meski aliran berbeda-beda, namun kami tetap guyub,” pungkas Aris Lukman. (rd/red)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *