Selasa, 16 Jul 2024

Pameran Plat K Meriahkan Nginguk Githok VI

waktu baca 2 menit
Minggu, 30 Jun 2024 15:34 0 Red

REMBANG, rbg.my.id – Pembukaan Pameran Seni Rupa Plat K #1 menandai dimulainya Nginguk Githok VI Sedekah Bumi Sekararum, Sumber, Rembang, pada Sabtu (29/6). Lebih dari 36 perupa Plat K dari Pati, Rembang, Blora, Kudus, Jepara, dan Grobogan memamerkan karya mereka selama sepuluh hari hingga 8 Juli 2024. Acara pembukaan ditandai dengan penampilan Uluk Salam oleh Budi Karya dan Putut Pasopati.

Imam Bucah, perupa asal Kabupaten Pati, menyatakan bahwa Pameran Seni Rupa Plat K di Nginguk Githok bertujuan mendekatkan seni lukis kepada masyarakat desa. “Kalau di galeri, mungkin pengunjungnya kalangan pelukis sendiri. Tapi kalau di desa-desa, perupa yang ikut pameran ini bisa berinteraksi dengan warga desa. Di tur kedua nanti kami juga berencana untuk menggelar di Dusun Grasak, Sulursari Kabupaten Grobogan,” katanya.

Tema Nginguk Githok, yang mengingatkan kelestarian sumber kehidupan, selaras dengan keresahan perupa se-eks Karesidenan Pati. “Kami melihat saat ini ada ancaman perpecahan antar sesama. Dari gelaran pemilihan sampai antar kelompok hobi saja kita lihat saling bertengkar. Menurut kami ini kondisi yang butuh segera untuk dicarikan solusinya,” tandas Imam Bucah.

Ketua Panitia Nginguk Githok VI, Dwi Sugito, menjelaskan bahwa tahun ini gelaran tahunan tersebut mengusung tema besar “Embung”. Festival ini tidak hanya menjadi panggung bagi seniman dari berbagai daerah, tetapi juga mengangkat isu-isu aktual seperti keberlanjutan sumber air dan kehidupan masyarakat di pedesaan. Embung, sebagai solusi untuk mengatasi tantangan kegagalan panen tahun ini, menjadi fokus utama dalam pameran seni dan forum diskusi yang diselenggarakan.

“Melalui tema Embung ini kami ingin mengingatkan kepada sesama warga tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber kehidupan. Sekali saja sumber kehidupan itu terancam, maka seluruh ekosistem kehidupan juga akan terancam,” jelas Dwi Sugito.

Pada acara pembukaan Nginguk Githok VI, Dusun Sekararum merasa terhormat karena menjadi pembuka rangkaian pameran pelukis se-eks Karesidenan Pati. “Pelukis dari Pati, Rembang, Blora, Kudus, Jepara, dan Grobogan menjadikan Nginguk Githok ini sebagai awal mula rangkaian tur pameran lukisan bertajuk Tali Tinali. Mereka berencana untuk keliling dalam rangkaian tur ke setiap kabupaten di eks Karesidenan Pati,” pungkas Dwi Sugito.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *